Fakta Menarik Kuda Binatang Perkasa Sobat Manusia

Kuda merupakan binatang yang tak terpisahkan dalam perjalanan sejarah manusia. Pasalnya jauh sebelum insan membuat kendaraan bermotor, kuda menjadi andalan insan untuk menempuh perjalanan jauh. Berikut ini ialah fakta-fakta menarik mengenai kuda yang patut anda ketahui.

Kuda Punya Tiga Kelopak Mata

 Kuda merupakan binatang yang tak terpisahkan dalam perjalanan sejarah insan Fakta Menarik Kuda Hewan Perkasa Sahabat Manusia

Kuda mempunyai penglihatan yang cukup tajam. Hal tersebut disebabkan lantaran kuda mempunyai diameter mata yang tergolong besar. Seekor kuda diketahui mempunyai diameter mata mencapai 5 cm. Jika diukur menurut rasio perbandingan ukuran mata dengan ukuran badan, kuda mempunyai mata yang ukurannya 9 kali lebih besar dibandingkan mata manusia.

Kelebihan kuda dalam hal penglihatan turut ditunjang berkat posisi mata kuda. Karena mata kuda terletak di samping kepalanya, kuda mempunyai jangkauan penglihatan yang mencapai hampir 360 derajat. Berbeda dengan insan yang tidak bisa melihat benda-benda yang berada di belakangnya lantaran mata insan terletak di cuilan depan kepala.

Keunikan lain yang dimiliki oleh mata kuda ialah binatang ini mempunyai 3 kelopak mata sekaligus. Dua kelopak mata kuda ialah kelopak mata biasa, sementara satu kelopak mata lainnya ialah lapisan membran khusus yang berjulukan membran niktitasi (nictitaing membrane). Membran tersebut terletak di cuilan pojok mata dan sesekali menyapu permukaan mata untuk mengairi dan membersihkan permukaan mata.

Tidak mirip manusia, kuda tidak bisa memfokuskan retina matanya dengan luwes. Sebagai gantinya, kuda akan mengubah-ubah posisi kepalanya dikala kuda ingin melihat sesuatu yang ada pada jarak tertentu. Sahabat anehdidunia.com jikalau kuda terlihat menengadahkan kepalanya misalnya, maka kuda tersebut mungkin sedang memfokuskan matanya semoga bisa melihat objek di kejauhan.

Kuda Masih Dijadikan Hewan Tunggangan Polisi Hingga Sekarang

 Kuda merupakan binatang yang tak terpisahkan dalam perjalanan sejarah insan Fakta Menarik Kuda Hewan Perkasa Sahabat Manusia

Kuda sudah semenjak usang dijadikan binatang tunggangan oleh manusia. Perilakunya yang gampang dilatih dan staminanya yang berpengaruh untuk menempuh perjalanan jauh menyebabkan binatang ini sudah usang dipelihara oleh insan untuk dinaiki. Selain untuk dijadikan binatang tunggangan, kuda juga bisa dimanfaatkan untuk mengangkut barang dan menarik kereta.

Lembaga kepolisian diketahui sudah memanfaatkan kuda untuk dijadikan binatang tunggangan personilnya semenjak era ke-17. Pada tahun 1805, untuk pertama kalinya ada divisi kepolisian tersendiri yang semua anggotanya menunggangi kuda.

Divisi polisi penunggang kuda pertama ini didirikan di London, Inggris. Karena terbukti sukses besar, divisi macam itu lalu turut diadopsi di negara-negara lain mirip Amerika Serikat. Selain memperlihatkan mobilitas lebih bagi polisi, ada alasan lain mengenai diterapkannya konsep polisi penunggang kuda. Saat seorang polisi menaiki kuda, ia nampak lebih gagah dan kharismatik dibandingkan polisi yang menaiki kendaraan lain atau tidak menaiki kendaraan apa-apa. 

Kuda yang dipakai sebagai binatang tunggangan polisi biasanya ialah kuda jantan yang sudah dikebiri semoga kuda tersebut bisa tetap bertingkah hening dan penurut dalam situasi-situasi genting. 
Sebagai akhir dari kian majunya teknologi kendaraan bermotor, polisi yang menunggangi kuda jumlahnya semakin usang semakin sedikit. Namun bukan berarti kuda tidak lagi dijadikan binatang tunggangan oleh polisi sama sekali. Di Inggris, kuda masih dipakai oleh polisi dikala bertugas, contohnya dikala menjaga area di luar stadion olah raga dikala ada pertandingan yang digelar.

Fungsi Asli Tapal Kuda

 Kuda merupakan binatang yang tak terpisahkan dalam perjalanan sejarah insan Fakta Menarik Kuda Hewan Perkasa Sahabat Manusia

Tapal atau ladam ialah logam berbentuk ibarat aksara U yang dipasang pada telapak kaki kuda. Alasan kenapa telapak kaki kuda dipasangi tapal bukan semata-mata untuk melindungi telapak kaki kuda, tetapi semoga kuda tersebut bisa berjalan lebih nyaman dikala berada di atas permukaan keras.

Tidak mirip insan yang telapak kakinya lunak, kuda mempunyai telapak kaki yang keras lantaran terbuat dari keratin. Keratin ialah zat keras yang juga sanggup ditemukan pada kuku dan rambut manusia. 

Meskipun mempunyai telapak kaki yang keras memperlihatkan rasa kondusif dikala berjalan sambil bertelanjang kaki, akan timbul hentakan yang tidak nyaman pada kaki dikala harus berjalan di atas permukaan keras.  Sebagai gambaran, pernahkah anda berlari di atas jalan raya sambil mengenakan sepatu kayu atau bakiak? Kurang lebih mirip itulah rasanya jikalau kuda diharuskan berjalan di atas permukaan keras.

Namun dengan memakaikan ladam pada cuilan bawah telapak kaki kuda, problem tersebut bisa teratasi. Pasalnya benturan yang timbul dikala telapak kaki kuda menghantam permukaan keras bakal diserap oleh tapal. Bisa dibilang, tapal kuda mempunyai imbas yang sama dikala insan mengenakan sepatu olah raga yang empuk.

Kuda Memiliki Daya Ingat Kuat

 Kuda merupakan binatang yang tak terpisahkan dalam perjalanan sejarah insan Fakta Menarik Kuda Hewan Perkasa Sahabat Manusia

Kuda kerap digambarkan sebagai binatang yang berpengaruh namun tidak begitu cerdas. Namun hasil penelitian yang dirilis pada tahun 2010 ini memperlihatkan kalau kuda ternyata lebih cerdas daripada yang selama ini dibayangkan oleh manusia.

Menurut hasil penelitian ini, kuda bisa mengingat setiap perkataan yang dikeluarkan oleh insan dengan baik. Kuda juga bakal mengingat setiap perlakuan yang diterimanya. Sebagai contoh, jikalau seekor kuda diperlakukan dengan baik oleh seseorang, maka seterusnya kuda akan memandang orang tersebut sebagai makhluk yang baik. Saat kuda kembali bertemu dengan orang yang sama, ia akan pribadi memperlihatkan perilaku dekat kepadanya. 

Kuda juga mempunyai ingatan berpengaruh akan daerah tertentu. Jika seekor kuda pernah mempunyai pengalaman jelek di suatu tempat, maka ia akan memperlihatkan perilaku gelisah dikala kembali berada di daerah tersebut.

Meskipun mempunyai ingatan berpengaruh nampaknya merupakan hal yang baik, ada dampak negatif yang sanggup muncul dari kemampuan kuda yang satu ini. Sebagai contoh, jikalau seekor kuda berhasil melepaskan diri dari ikatan, ia akan mengingat cara ia melakukannya dan akan mengulanginya kembali di lain kesempatan jikalau kuda tersebut sedang tidak ingin diikat.

Kuda Bisa Dikawinkan dengan Zebra dan Keledai

 Kuda merupakan binatang yang tak terpisahkan dalam perjalanan sejarah insan Fakta Menarik Kuda Hewan Perkasa Sahabat Manusia

Hibrid equid ialah sebutan untuk binatang yang lahir dari hasil perkawinan antara kuda dengan binatang selain kuda yang masih tergolong sebagai equid. Kuda, zebra, dan keledai ialah hewan-hewan yang tergolong sebagai equid. 

Walaupun kuda bisa dikawinkan dengan hewan-hewan tadi, binatang hasil perkawinannya tidak akan bisa menghasilkan keturunan lantaran mereka lahir dalam kondisi mandul. Mule ialah pola binatang hibrid equid, di mana binatang ini tercipta dari kuda betina dan keledai jantan.

Selain mule, hewan-hewan hibrid equid yang sudah diketahui oleh insan ialah hinny (hasil persilangan kuda jantan dan keledai betina), zorse (hasil persilangan zebra jantan dengan kuda betina), dan hebra (hasil persilangan kuda jantan dengan zebra betina). 

Sebagai hasil persilangan dari kuda dan zebra, zorse dan hebra mempunyai ciri-ciri yang nampak mirip hasil campuran antara kuda dan zebra. Sahabat anehdidunia.com ada hasil persilangan yang mempunyai garis-garis layaknya zebra, namun kulitnya berwarna kecokelatan. Ada pula hasil persilangan yang kepalanya nampak mirip zebra, namun tubuhnya berwarna polos layaknya kuda.

Manusia sudah membuat hibrid equid semenjak era ke-20. Awalnya yang dipakai dalam persilangan ialah zebra dan keledai. Namun setelah itu, ilmuwan juga mulai menyilangkan kuda dengan zebra dan keledai.

Yang menarik, di alam liar pernah ada binatang yang bentuknya nampak mirip hasil persilangan antara kuda dan zebra. Hewan tersebut ialah quagga, sejenis zebra dari Afrika Selatan yang tubuh dan kakinya berwarna polos layaknya kuda. Quagga sayangnya tidak bisa dijumpai lagi di masa sekarang lantaran binatang ini sudah punah semenjak era ke-19.

referensi:
https://listverse.com/2014/01/22/10-fascinating-facts-about-horses/
https://en.wikipedia.org/wiki/Quagga

0 Response to "Fakta Menarik Kuda Binatang Perkasa Sobat Manusia"

Post a Comment

APK NONTON BARENG
FILM TERBARU
APK NONTON BARENG
FILM TERBARU
APK NONTON BARENG
FILM TERBARU
APK NONTON BARENG
FILM TERBARU